Keunggulan Ekonomi Produk Digital

Bagi pembuat produk konten pembelajaran, memutuskan untuk membuat produk fisik atau digital adalah keputusan utama. Tidak ada keraguan bahwa terkadang produk fisik dibutuhkan. Ini terutama benar ketika audiens Anda menuntut mereka.

Namun, ada sejumlah keuntungan ekonomi utama dengan hanya membuat produk digital.

Tentu, ada banyak tingkatan yang bisa Anda pertimbangkan saat menentukan keuntungan ekonomi dari apa pun. Anda dapat mempertimbangkan pengaruhnya Marketplace Digital Indonesia terhadap masyarakat secara umum. Anda mungkin mempertimbangkan pengaruhnya terhadap negara. Anda dapat mempertimbangkan pengaruhnya terhadap pembeli. Atau Anda dapat mempertimbangkan pengaruhnya terhadap produsen. Atau Anda dapat mempertimbangkan semua hal di atas.

Untuk artikel ini, saya akan membatasi diri pada dampak ekonomi bagi produsen produk konten pembelajaran. Secara umum, ada enam area yang diperhatikan secara ekonomi oleh pembuat konten pembelajaran saat membuat produknya. Lima adalah item biaya dan satu terkait dengan pendapatan. Dalam artikel ini saya akan membahas beberapa keuntungan ekonomi di daerah tersebut.

1. Biaya untuk membuat produk konten pembelajaran. Pada pandangan pertama seharusnya tidak ada perbedaan antara biaya pembuatan versi digital dan fisik dari konten yang sama. Bagaimanapun mereka berdua mengikuti proses yang sama. Faktanya, semua media mengikuti proses yang kira-kira sama. Namun, mungkin terdapat perbedaan tergantung pada medianya. Misalnya, buku harus lebih besar dari eBuku. Rekaman audio fisik harus berdurasi kurang dari delapan puluh menit (tujuh puluh agar aman). Tapi rekaman audio digital bisa berapa saja. Namun, mengabaikan perbedaan ini tidak ada perbedaan ekonomi dalam pembuatan konten pembelajaran.

2. Biaya untuk menghasilkan produk konten pembelajaran . Produksi mencakup tugas-tugas yang diperlukan untuk mengubah produk jadi menjadi produk yang dapat diproduksi atau dijual. Sekali lagi pada pandangan pertama, hanya ada sedikit keuntungan ekonomi karena keduanya membutuhkan proses yang sama. Namun demikian, untuk produk fisik, Anda perlu membuat sampul berkualitas cetak serta penutup layar. Ini menunjukkan sedikit peningkatan biaya atas produk digital. Faktanya, sebagian besar penerbit akan secara otomatis meminta ini bahkan untuk produk digital karena memungkinkan fleksibilitas yang lebih besar di masa mendatang.

3. Biaya pembuatan produk konten pembelajaran. Di sinilah letak perbedaan terbesar. Biaya pembuatan produk digital minimal. Sebenarnya secara umum tidak ada bedanya dengan biaya untuk mengirimkan produk fisik. Di sisi lain, harga produk fisik berkisar dari $ 1 per unit hingga $ 4 per unit. Faktanya, $ 15 ke atas per unit adalah kisaran untuk buku sampul tebal.

4. Biaya untuk menginventarisir produk konten pembelajaran . Dalam kasus produk digital, biaya persediaan dapat diabaikan. Faktanya, itu harus bekerja dengan kurang dari tujuh sen per hari bahkan menggunakan web host yang relatif mahal. Dan tentu saja, jumlah unit yang disimpan dalam persediaan tidak relevan. Produk fisik biasanya memerlukan beberapa bentuk pemeliharaan stok bahkan dalam kasus produksi sesuai permintaan. Meskipun biaya sebenarnya akan bervariasi tergantung pada sejumlah faktor, ini pasti akan melebihi $ 1 per unit per hari.

5. Biaya untuk memasarkan dan menjual produk konten pembelajaran . Di sinilah perbedaan terbesar terjadi. Biaya pengiriman produk digital minimal (kurang dari satu sen). Biaya untuk mengirimkan produk fisik berkisar antara $ 3 hingga $ 15 atau lebih tinggi.

6. Harga jual . Melawan biaya pembuatan dan inventarisasi produk fisik adalah harga jual produk fisik. Dulu terdapat perbedaan yang cukup besar antara harga jual produk digital dan produk fisik yang setara. Biasanya ini akan berada dalam kisaran lima puluh persen. Ini mulai berubah dan premi yang bersedia dibayar pelanggan mulai berkurang. Namun, dengan kedatangan Kindle dan pembaca e-book lainnya, perbedaan mulai terlihat kembali.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *