Pengenalan Ilmu Geofisika

Geofisika ataupun Geophysics dalam bahasa Inggris, bagi ilmu etimologi( cabang ilmu bahasa yang menyelidiki asal- usul kata dan pergantian dalam wujud serta arti) terdiri dari kata Geo serta Physics. Geo berarti bumi serta Physiscs yang mempunyai arti fisika. Secara garis besar geofisika merupakan ilmu yang mempraktikkan prinsip- prinsip fisika buat mengenali serta membongkar permasalahan yang berhubungan dengan bumi, ataupun bisa pula dimaksud menekuni bumi dengan memakai prinsip- prinsip fisika( Santoso, 2002) Kajian Geofisika .

Ilmu geofisika untuk mayoritas warga universal masih kerap tertukar dengan ilmu geologi. Perihal tersebut ialah perihal yang normal disebabkan perbandingan keduanya tidak senantiasa bisa dengan gampang dibedakan secara tentu antara geologi serta geofisika. Bagi Santoso( 2002), geologi tercantum ilmu yang menekuni bumi dengan melaksanakan riset langsung terhadap batuan, baik dari singkapan ataupun dari pengeboran, dan mempelajari cerminan tentang struktur, komposisi, ataupun sejarahnya yang bisa dicoba dengan sebagian analisis. Sedangkan itu, geofisika tercantum ilmu yang menekuni bagian- bagian bumi yang tidak bisa nampak langsung dari permukaan, lewat pengukuran watak fisikanya dengan perlengkapan yang ada di atas permukaan bumi. Geofisika pula mencakup interpretasi pengukuran yang dicoba buat memperoleh data yang bermanfaat tentang struktur serta komposisi susunan di dalam bumi.

Baca Juga : 7 Panduan Membuat Ruang Kerja yang Aman di Rumah

Ilmu geofisika bisa dimanfaatkan dalam penyelidikan kebumian semacam mitigasi musibah gempa bumi, mitigasi musibah gunung api, eksplorasi minyak bumi, eksplorasi mineral serta logam, serta pula bisa dimanfaatkan buat kepentingan pembangunan infrastruktur semacam jalur, jembatan serta bangunan. Buat pemanfaatan ilmu geofisika tersebut, hingga dibutuhkan tata cara yang cocok. Perihal ini yang membuat ada bermacam berbagai tata cara Geofisika.

Bagi Philip Kearey( 2002) dalam bukunya yang bertajuk An Introduction to Geophysical Exploration, tata cara geofisika dipecah jadi 4 tata cara utama, ialah tata cara seismik, tata cara gravitasi, tata cara magnetik, serta tata cara elektrik. Tata cara elektrik sendiri dipecah lagi jadi tata cara resistivitas, induksi polarisasi, potesial diri, elektromagnetik, serta radar. Perbandingan dari keempat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *